FENOMENA STOCK PICK (SP) PREMIUM

Salam cuan !! Penulis agak tergelitik dengan fenomena yang sedang marak beberapa tahun belakangan ini, yaitu langganan stock pick premium, yang biasanya langganan berkisar antara 100 ribu sampai 500 ribu per bulan, bahkan ada yang mematok tarif jutaan per bulan untuk jasa penyediaan stock pick. Menilik ke belakang, sejatinya sejak penulis berkenalan dengan dunia saham di tahun 2008, memang telah bermunculan grup berbayar yang menyediakan jasa stock pick premium kepada para anggotanya. Hanya saja waktu itu belum menjamur seperti sekarang. OK, mari kita bahas pelan – pelan tentang fenomena SP premium ini.

Harus disadari bahwa di dunia ini berlaku hukum supply dan demand. Begitu pula hubungannya dengan sp premium ini, semua dimulai dari adanya demand. Adanya begitu banyak trader sekarang yang mendambakan stock pick, dengan harapan bisa memberikan cuan kepada mereka setiap harinya. Faktor lainnya adalah semakin berkembangnya teknologi sekarang, sehingga ada banyak grup WA, TELE, LINE yang bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan SP itu dengan cepat, ke sebanyak mungkin orang. Bandingkan dengan 8 tahun lalu ketika penulis memulai jejak langkah di dunia saham, waktu itu teknologi hape belum secanggih sekarang, jadi belum ada grup WA, TELE, LINE, dll.

Faktor lain yang menjadi penyebab fenomena menjamurnya sp premium adalah tidak lepas dari adanya trader yang kurang ter-edukasi dengan baik, yang hanya ingin gampangnya saja dalam trading, atau mungkin mereka tidak punya waktu banyak untuk melakukan analisa, sehingga mengambil jalan pintas dengan menjadi anggota premium, dengan dalih “toh cuan saya per bulan jauh di atas bayaran stock pick premium tersebut”. Dan peluang ini dibaca dengan baik oleh kaum-kaum kreatif yang menjadikan stock pick ini layaknya sebuah komoditas perdagangan, yang dengan segala daya upaya trik marketingnya memikat calon pelanggan nya, agar berlangganan premium kepada mereka.

Penulis sendiri mencoba melihat sisi positif dan negatif dari suatu SP premium. Sisi positifnya adalah tentu saja trader menjadi pede dalam melakukan aksi buy dan sell nya. Jadi punya trading plan sendiri dan waktu yang seharusnya digunakan untuk analisa saham, bisa digunakan untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat. Sisi positif lainnya tentu saja, membuat orang yang memberikan sp premium tersebut bisa mendapatkan CUAN KONSISTEN dari iuran yang dibayarkan oleh trader pengikutnya. Bagi penulis sendiri, sah-sah saja, asalkan memang kedua belah pihak bisa sama-sama mendapatkan keuntungan, dalam arti SP premiumnya memang bagus, bisa dipertanggung jawabkan dan joss !!

Namun di sisi lain, muncul sisi negatif dari sp premium yang bertebaran sekarang ini. Trader kebanyakan hanya maunya cuan saja, tinggal tanya “besok sp apa, TP di brp, stop loss di brp”. Penulis melihat hal seperti ini lama kelamaan akan membuat trader terlena, sehingga tidak mengedukasi diri sendiri, akibatnya hanya ikut-ikutan saja. Bagi penulis, seharusnya tidak ada alasan untuk mengikuti sp premium. Alasan seperti “saya masih nubie”, nah justru karena nubie makanya anda perlu mengimprove diri sendiri, terus belajar, banyak baca buku, ikut seminar berbayar, gathering sesama trader, dll, sehingga anda bisa menjadi trader mandiri suatu saat dan tidak mengandalkan orang lain dalam keputusan trading anda. Ingat bahwa kesuksesan anda ditentukan oleh anda sendiri, bukan oleh orang lain.

Yang paling penulis sesalkan adalah sekarang menjamur sp premium, tetapi tidak dengan kualitas yang merata. Beberapa sp premium memang bagus, tapi tidak sedikit juga yang malah membuat membernya nyangkut dan loss. Pada akhirnya semua akan terfilter sendiri, sp premium yang bagus akan bertahan dan awet, sementara sp premium yang tidak bagus pelan-pelan akan ditinggalkan membernya. Biarlah waktu yang akan membuktikan.

Tapi bagi penulis sendiri, pada akhirnya trader harus bisa mandiri, harus bisa analisa sendiri tanpa mengandalkan orang lain, karena kayaknya belum pernah kita denger ada trader kaya raya karena bermodalkan sp premium…yang kaya raya sih biasanya yang kasih sp premium nya….hehehe

Dah segitu saja uneg2 penulis, semoga trader Indonesia makin dewasa, ter-edukasi dan makin berjaya !!

11 comments

  1. Pöi Reply

    Ijin singgah sambil ngadem dan ngupi di kampung saham….keren abizz nich utk artikel dan sp-nya serta bacaan yang berguna terlebih utk newbie seperti ane….makaciih master….. Sukses selalu yaaa…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *