SUN TZU’S : THE ART OF WAR (PART 5)

OK, mari kita lanjutkan membahas Bab IV dari strategi perang Sun Tzu

Bab IV

Sun Tzu berkata:

“Bahwa prajurit yang baik di jaman dahulu menempatkan diri mereka pertama-tama di luar kemungkinan untuk kalah dan kemudian menunggu hingga datangnya kesempatan untuk mengalahkan musuh. Oleh karena itu, petarung yang baik dapat melindungi diri dari kekalahan tetapi tidak dapat memastikan apakah dapat mengalahkan lawan”

“Selanjutnya Sun Tzu mengatakan bahwa kekuatan melindungi diri dari kekalahan terletak di tangan kita sendiri.”

Penjelasan :

Hal ini mengingatkan para trader, bahwa kita tidak dapat mengendalikan pasar, kita hanya dapat mengendalikan apa yang kita kerjakan. Ketimbang berusaha mengendalikan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, lebih baik kita mencoba mengendalikan hal-hal yang dapat kita kendalikan. Yang tidak dapat kita kendalikan adalah apakah dalam trading kita akan cuan atau tidak, ke mana harga akan bergerak esok hari, lusa, atau minggu depan. Tidak perlu kita habiskan waktu berpikir soal hal-hal tersebut. Sementara yang dapat kita kendalikan adalah, loss kita setiap trading. Kita tidak dapat mengatur, seberapa banyak cuan yang dapat diberikan oleh pasar kepada kita, tetapi kita dapat mengatur seberapa banyak loss yang kita ijinkan diambil pasar dari kita. Untuk itu, selalu tetapkan loss yang mau kita berikan ke pasar setiap kalo trading, dan jalankan dengan disiplin!!

Sun Tzu berkata:

“Bahwa pertahanan adalah waktu untuk kekuatan yang tidak mencukupi dan perlawanan adalah waktu untuk kekuatan yang terbesar.”

Penjelasan :

Hal ini mengingatkan para trader, bahwa pertahanan adalah penting, sebagai ritel, pertahanan kita adalah portofolio kita. Gunakanlah money management yang tepat, tradinglah untuk bertarung kembali keesokan harinya.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa untuk melihat kemenangan saat tanda-tandanya sangat nyata, bukan merupakan tanda kehebatan atau kepintaran. Untuk mengangkat daun musim gugur tidak memerlukan kekuatan besar, untuk melihat matahari dan bulan tidak mengindikasikan mata yang tajam, untuk mendengarkan guntur di langit tidak memerlukan ketajaman pendengaran. Oleh karena itu, para prajurit yang baik, meraih kemenangan dengan tidak membuat kesalahan dan menempatkan diri mereka pada tempat dimana mereka akan menang”

Penjelasan :

Hal ini mengingatkan para trader, kita harus berpikir dan mengantisipasi jauh di depan orang banyak. Gunakan pendekatan “Apa yang akan terjadi bila ?” dalam trading plan anda. Kembangkan planning atas rencana tersebut. Sekali lagi, jangan pernah memprediksi, tetapi antisipasilah pergerakan saham.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa laskar yang berhasil akan menang pertama-tama dan kemudian mencari perang lain. Pemimpin yang bijak akan mengikuti dengan ketat metode dan disiplin oleh karena itu dalam kekuasaannyalah kesuksesan itu dikendalikan.”

Penjelasan :

Hal ini mengingatkan para trader, setelah kita memiliki trading plan, baru kita bisa disiplin melakukan trading kita. Merupakan kesalahan umum bagi para trader, dengan tidak mematuhi trading plan yang dibuatnya sendiri. Hanya disiplin lah yang membuat trader menjadi cuan konsisten.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa militer memiliki 5 aturan: pengukuran, perkiraan, penghitungan, penyetaraan kemungkinan-kemungkinan, dan kemenangan.”

Penjelasan :

Hal ini mengingatkan para trader, di dalam trading, selalu perhitungkan segala kondisinya. Di mana posisi pasar sekarang, seberapa risk reward potensial nya, apa strategi terbaik yang dapat diterapkan, apa kemungkinan-kemungkinan pergerakan harga yang mungkin terjadi, dan pada akhirnya setelah memperhitungkan segala kondisinya, baru trader dapat memperoleh keuntungan.

Sun Tzu menyimpulkan:

“Pelajaran ini mengatakan pada kita bahwa laskar yang menang dibandingkan dengan sebuah rute adalah seperti menimbang sebuah gandum. Seperti limpahan air mengalir ke dalam lubang yang dalam.”

Penjelasan :

Sun Tzu menyimpulkan bahwa bila kita merencanakan trading dengan benar dan melaksanakannya dengan penuh disiplin, maka cuan konsisten jelas akan menjadi milik kita.

Nah kita sudah selesai membahas Bab IV dari strategi perang Sun Tzu. Nantikan tulisan tentang bab selanjutnya hanya di kampung saham. Salam cuan !

Anda belum membaca part sebelumnya, Klik di sini untuk Part 1Part 2 dan Part 3 dan Part 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *