SUN TZU’S : THE ART OF WAR (PART 7)

OK, mari kita lanjutkan membahas Bab VI dari strategi perang Sun Tzu

Bab VI
(KERAPUHAN DAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SAAT UNTUK MENYERANG DAN SAAT UNTUK MUNDUR)

Sun Tzu berkata:

“Bahwa meraka yang pertama kali tiba di medan pertempuran akan beristirahat dan mereka yang tiba paling akhir akan kelelahan. Prajurit yang baik akan menyebabkan musuh datang kepada mereka.”

Penjelasan :

Bila kita membangun posisi lebih awal, artinya membeli saham ketika harganya belum naik, meskipun mungkin pembelian itu hanyalah perkiraan saja, tetapi efeknya kedepan adalah kita tidak akan pernah mengejar membeli saham yang sedang naik. Mereka yang kemudian belum memiliki posisi akan mengejar harga yang sedang naik dan pada gilirannya membantu menaikkan harga sahamnya lebih tinggi, artinya membantu kita secara tidak langsung. Biarkan pasar yang mendatangi kita. Juallah saat harga sudah naik dan belilah ketika harga terpuruk di bawah.

Sun Tzu berkata:

“Muncullah di tempat-tempat di mana musuh harus memperkuat pertahanannya. Sapulah daerah-daerah dimana anda tidak mengharapkannya.”

Penjelasan :

Dalam kondisi trading hari demi hari, sering sekali terjadi bahwa ritel digocek oleh bandar, dengan cara bagaimana? Dengan membawa harga turun ke bawah terlebih dahulu, sehingga banyak ritel keluar dari saham tersebut, dan kemudian sekejap mata bandar akan menaikkan lagi harganya. Penting bagi ritel untuk dapat memahami bagaimana cara mengantisipasi pergerakan tipuan seperti ini.

Sun Tzu berkata:

“Agar bersikap sangat rahasia, tidak jelas, dan misterius dalam rencana-rencana perang kita.”

Penjelasan :

Hampir tidak ada trader yang akan memberitahu anda apa yang dibelinya, kecuali dia sudah memiliki posisi di saham tersebut dan memberitahukannya kepada anda guna mengajak anda ikut membeli supaya harga sahamnya ikut terkerek naik karena pembelian anda. Oleh karenanya berhati-hatilah dalam mendengarkan setiap rekomendasi trading dari manapun juga. BELIEVE NO ONE EXCEPT YOURSELF karena di bursa saham itu DOG EAT DOG.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa untuk maju kita harus menembus titik-titik kelemahan musuh; Agar dapat beristirahat, kita harus lebih cepat dari musuh.”

Penjelasan :

Bahwa untuk bisa cuan konsisten dan menang, kita harus bergerak cepat dalam eksekusi order kita. Bagaimana caranya ? Tentunya anda harus punya trading plan terlebih dahulu dan menjalankan trading plan itu tanpa ragu. Dengan demikian kita belajar disiplin dan bergerak cepat dan tangkas di pasar.

Sun Tzu berkata:

“Agar membangunkan musuh kita untuk mencari disaat mereka bersikap aktif dan disaat mereka bersikap tidak aktif. Kita harus memaksa agar mereka menunjukkan diri mereka dan agar kita dapat menemukan kapan mereka akan berjumlah banyak dan kapan mereka berjumlah sedikit.”

Penjelasan :

Trader ritel harus mengetahui kapan bandar masuk ke dalam pasar dan kapan bandar tidak ada di di dalam pasar, karena penggerak harga sesungguhnya adalah bandar, jadi kita harus follow the bandar.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa peperangan seperti cairan. Ia berubah terus-menerus, seperti air yang akan mengadaptasi bentuknya terhadap bumi. Orang yang dapat mengubah taktik-taktik ini dalam kaitannya dengan musuh akan berhasil memenangkan peperangan.”

Penjelasan :

Pasar berubah terus menerus secara dinamis, strategi yang berguna tahun lalu belum tentu bisa berguna sekarang, bahkan sektor saham yang booming 3 bulan lalu belum tentu akan tetap booming sekarang. Oleh karenanya trader harus secara konsisten belajar mengikuti perubahan pasar, mengikuti arah angin yang ada, istilahnya dancing with the market. Mereka yang bisa beradaptasilah yang akan menjadi pemenangnya.

Nah kita sudah selesai membahas Bab VI dari strategi perang Sun Tzu. Nantikan tulisan tentang bab selanjutnya hanya di kampung saham. Salam cuan !

Anda belum membaca part sebelumnya, Klik di sini untuk Part 1Part 2Part 3Part 4Part 5 dan Part 6

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *