SUN TZU’S : THE ART OF WAR (PART 8)

OK, mari kita lanjutkan membahas Bab VII dari strategi perang Sun Tzu

Bab VII
MELAKUKAN MANUVER

Sun Tzu berkata:

“Bahwa tugas yang paling sulit dari semuanya adalah untuk memanuver satu pasukan; agar dapat melakukannya dengan efektif, Anda harus menggunakan desepsi dan mengubah persepsi lawan tentang apa yang ingin Anda lakukan.”

Penjelasan :

Strategi ini digunakan oleh bandar untuk mengelabui trader ritel, yaitu dengan mengubah persepsi ritel. Dengan cara apa ?  Berikan news, berikan rumor dan analisis yang salah, maka persepsi trader ritel bisa diubah. Ingatlah bahwa ritel akan selalu diperhadapkan dengan situasi ini, Tanyakan diri sendiri apakah ini adalah manipulasi bandar ? atau fakta sesungguhnya ?

Sun Tzu berkata:

“Bahwa Anda tidak dapat masuk kedalam aliansi-aliansi kecuali bila Anda tahu rencana-rencana orang lain.”

Penjelasan :

Sebagai ritel, cobalah setidaknya untuk mengantispasi rencana dari bandar. Dengan dapat mengantisipasi rencana bandar, paling tidak kita siap dengan segala kemungkinan yang dapat terjadi. Antisipasi kemungkinan terburuknya selalu, jangan hanya yang baiknya saja.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa kita tidak dapat menjadikan keuntungan alami ke dalam keuntungan kita kecuali kita menggunakan pemandu lokal.”

Penjelasan :

Adalah keuntungan sebagai ritel apabila bisa mendapatkan informasi dari insider..hehe..

Sun Tzu berkata:

“Untuk memikirkan serta mempertimbangkan tindakan kita dan untuk menyimpan rahasia rencana-rencana kita; tetapi saat kita bergerak, kita menyerang seperti petir yang menyambar.”

Penjelasan :

Trader harus memiliki rencana dan trading plan yang jelas, dan ketika saatnya beraksi, maka laksanakan trading plan itu dengan cepat tanpa ada keraguan.

Sun Tzu berkata:

“Agar melatih ke disiplinan dan ketenangan, agar menunggu musuh yang khawatir dan tidak siap. Inilah seni menguasai kekuatan.”

Penjelasan :

SABAR !! Itu adalah salah satu kunci untuk bisa cuan konsisten, Sabar menunggu waktu entry yang tepat dan sabar menunggu waktu exit yang tepat, sehingga bisa menghasilkan cuan yang maksimal.

Sun Tzu berkata:

“Agar tidak menyerang musuh yang siap dan tidak mendahului mereka ke atas bukit.”

Penjelasan :

Jangan entry saham terlebih dahulu, sebelum situasinya jelas. Manfaatkan trend sebagai panduan dalam entry suatu saham, trend is your friend !!

Nah kita sudah selesai membahas Bab VII dari strategi perang Sun Tzu. Nantikan tulisan tentang bab selanjutnya hanya di kampung saham. Salam cuan !

Anda belum membaca part sebelumnya, Klik di sini untuk Part 1Part 2Part 3Part 4Part 5Part 6 dan Part 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *