SUN TZU’S : THE ART OF WAR (PART 10)

OK, mari kita lanjutkan membahas Bab IX dari strategi perang Sun Tzu

Bab IX
TIPU DAYA

Sun Tzu berkata:

“Bahwa saat Anda berusaha untuk membangun posisi bagi Pasukan Anda, posisikan diri di tempat yang tinggi sehingga Anda mengamati lawan.”

Penjelasan :

Dalam menganalisa, kita harus mempunyai sudut pandang yang lebih luas, sehingga dapat mengamati pergerakan saham secara lebih obyektif. Misalnya jangan gunakan timeframe yg sempit untuk menganalisa pergerakan swing suatu saham, gunakan monthly timeframe ketimbang hanya menggunakan weekly. Contoh lain adalah di dalam menganalisa pergerakan saham yang berhubungan dengan komoditas, kita patut memantau harga komoditasnya dengan timeframe yang lebih lebar, tujuannya justru untuk mengambil keuntungan yang lebih besar ketika short term harga komoditasnya jatuh, justru disitu kesempatan kita entry dengan harapan secara mid term dan long term, maka harganya akan terkerek naik.

Sun Tzu berkata:

“Agar tidak bertarung di dalam air.”

Penjelasan :

Jangan melakukan trading di saham yang range pergerakannya kecil atau sideways, karena tidak bisa memberi keuntungan maksimal, tradinglah hanya ketika harga menembus batas-batas sideways tersebut.

 

Sun Tzu berkata:

“Untuk mencari negara yang kering dan datar dalam mengkonfrontasi musuh.”

             “Sun Tzu juga meminta kita agar memperhatikan pasukan kita. Bila kita berkemah               di tanah yang keras, pasukan akan terbebas dari sakit dan kita dapat memastikan               kemenangan kita.”

Penjelasan :

Idealnya, posisi entry kita haruslah merupakan posisi yang sebaik mungkin. Seperti apa posisi yang sebaik mungkin ? Itu kembali kepada style dan psikologis masing-masing trader, apakah buy on support, buy on breakout atau buy before breakout. Tapi tuntunan secara garis besar adalah seperti ini : ketika pasar sedang bullish, jangan pernah menunggu buy on support, karena besar kemungkinan tidak akan tercapai, tetapi belilah buy before breakout atau buy on breakout. Tetapi dalam kondisi pasar bearish atau sideways, lebih pas menggunakan metode buy on support, low risk dengan high reward.

 

Sun Tzu berkata:

“Bahwa bila hujan membuat sungai banjir, lebih baik menunggu hingga banjir surut sebelum menyeberang.”

Penjelasan :

Berhati-hatilah dengan kondisi pasar yang rawan. Apa saja kondisi pasar yang rawan itu ? Kondisi pasar yang rawan di IHSG khususnya terjadi pada jam-jam berikut ini :

09.00-09.30
11.30-12.00 (khusus jumat, pukul 11.00-11.30)
13.30-14.00 (khusus jumat, pukul 14.00-14.30)
15.15-15.45

Jam di atas adalah jam yang rawan. Kenapa ? Karena order besar selalu terjadi di sana, dan tidak jarang jam-jam itu akan terjadi pergerakan yang signifikan di saham. Jadi bagaimana kita harus bersikap? Jangan pernah buy atau sell saham di jam 09.00-09.30, karena ini jam krusial di mana pergerakan saham seringkali tidak menunjukkan arah aslinya mau ke mana dia bergerak. Dan disarankan mengambil keputusan beli atau jual setelah melihat pergerakan harga pada 15.15-15.45.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa saat melakukan perjalanan melalui medan yang sulit, waspadalah terhadap serangan mendadak.”

Penjelasan :

Jangan pernah melakukan trading di pasar yang sedang sepi, karena anda bisa terperangkap!

 

Sun Tzu berkata:

“Bahwa bila musuh melihat medan atau posisi untuk di peroleh namun tidak melakukannya, inilah yang disebut lemah.”

Penjelasan :

Waspadalah terhadap pergerakan harga signifikan yang tidak disertai dengan volume signifikan, itu adalah perangkap !!

 

Sun Tzu berkata:

“Bahwa Jenderal yang tidak dapat berfikir ke depan dan menganggap sepele musuhnya, pada akhirnya akan menjadi tawanan musuhnya.”

Penjelasan :

Kita sebagai trader harus berpikir ke depan, belajar mengantisipasi pergerakan saham dan jangan pernah menyepelekan apa yang bisa dilakukan pasar kepada kita !!

 

Nah kita sudah selesai membahas Bab IX dari strategi perang Sun Tzu. Nantikan tulisan tentang bab selanjutnya hanya di kampung saham. Salam cuan !

Anda belum membaca part sebelumnya, Klik di sini untuk Part 1Part 2Part 3Part 4Part 5Part 6Part 7Part 8 dan Part 9.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *