BUKU REFERENSI BAGI TRADER

Knowledege is POWER !! Demikian juga dalam hal trading, knowledge sangat bermanfaat guna menggapai cuan konsisten. Cara mendapatkan nya bisa dari mana saja, bisa dari diskusi dengan senior yang sudah berpengalaman, bisa dari tulisan atau artikel yang ditulis orang lain(web ini contohnya), namun yang paling gampang dicari tentunya adalah dari BUKU. Sayangnya, banyak sekali trader yang malas membaca buku, dengan berbagai macam alasan, apalagi kalau bukunya berbahasa asing. Padahal harus kita akui, belum banyak buku teknikal analisis yang bisa kita jadikan patokan yang menggunakan bahasa Indonesia, tanpa bermaksud mendiskreditkan penulis buku saham yang ada di Indonesia. Ada banyak sekali buku tentang saham yang bisa kita baca, mungkin ada diantara sahabat trader yang ingin membaca, tapi bingung harus mulai dari mana? OK, ijinkan saya membagikam beberapa judul buku bagus yang sudah saya baca selama ini.

Secara garis besar, Trading itu terdiri atas 3 elemen, yaitu Psikologis, Money Management dan Trading Method. Nah, tentunya buku juga bisa terbagi menjadi 3 elemen tersebut, berikut beberapa referensi buku yang menurut saya bagus:

1. Trading Method

a. Untuk basic membaca candlestick, saya rekomendasikan membaca JAPANESE CANDLESTICK CHARTING TECHNIQUE by Steve Nisen

b.  Untuk paham mengenai korelasi antara volume dan candle, saya rekomendasikan membaca A COMPLETE GUIDE TO VOLUME PRICE ANALYSIS by Anna Coulling

c. Untuk dasar teknikal analisis yang lain, mengenai teori2 klasik Teknikan Analisis, Support dan Resisten, berbagai macam indikator dasar, dan lain sebagainya, saya rekomendasikan membaca TECHNICAL ANALYSIS OF THE FINANCIAL MARKETS by John J. Murphy (yang ini agak tekxtbook memang, butuh effort besar untuk membacanya…hehe)

2. Psikologis Trading

a. Saya rekomendasikan membaca THE DISCIPLINED TRADER by Mark Douglas dan TRADING IN THE ZONE by Mark Douglas

b. Buku Psikologis lain yang bagus adalah SUPER TRADER, TRADING BEYOND THE MATRIX by Van Tharp (kalau ada waktu boleh baca semua buku Van Tharp, ciamik bukunya)

3. Money Management

a. Saya rekomendasikan DEFINITIVE GUIDE TO POSITION SIZING STRATEGIES by Van Tharp dan TRADE YOUR WAY TO FINANCIAL FREEDOM by Van Tharp

b. Buku yang agak njelimet dan penuh dengan perhitungan matematis, kalau ada yang berminat adalah bukunya Ralph Vince, ada beberapa bukunya, rata-rata bagus, tetapi yang saya paling suka adalah THE HANDBOOK OF PORTFOLIO MATHEMATICS.

Selain buku-buku di atas, masih ada beberapa buku yang bagus dan most reccomended menurut saya, yaitu :
1. THE INTELLIGENT INVESTOR by Benjamin Graham
2. REMINISCENCE OF A STOCK OPERATOR by Edwin Lefevre
3. COME INTO MY TRADING ROOM by Alexander Elder
4. THE MARKET WIZARDS by Jack Schwager
5. HOW I MADE 2,000,000 IN THE STOCK MARKET by Nicolas Darvas
6. TRADING FOR A LIVING by Alexander Elder
7. FOOLED BY RANDOMNESS by Nassim Nicholas Taleb
8. A MATHEMATICIAN PLAYS THE STOCK MARKET by John Allen Paulos
9. TRADE LIKE A STOCK MARKET WIZARDS by Mark Minervini
10. PIT BULL by Martin Schwartz

Mungkin ada yang bertanya, “Sebenarnya kita ini mau trading atau mau jadi kutubuku?” Ha..ha..ha..Kalau  mau sukses, lihat saja contohnya Lo Kheng Hong, berapa banyak buku Warren Buffet yang dia baca berulang-ulang, bahkan sekaliber Warren Buffet pun banyak sekali membaca buku.

Nah sekarang giliran kita, apakah mau sukses tanpa membaca buku? Saya hanya punya dua kata untuk orang-orang yang seperti itu : S.E.L.A.M.A.T     B.E.R.M.I.M.P.I

Salam Cuan

Etuz

7 comments

  1. MK Reply

    Thank you om Etuz. Semoga +sering posting artikel baru dan update postingan di channel…. 🙂

  2. Begjo Reply

    Prof Etuz, mohon rekomendasi buku sejenis yang dalam Bahasa Indonesia atau pun yang penulisnya orang Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *