SUN TZU’S : THE ART OF WAR (PART 12)

OK, mari kita lanjutkan membahas Bab XI dari strategi perang Sun Tzu

Bab XI
9 SITUASI
(Taktik-Taktik Survival)

Sun Tzu berkata:

“Bahwa dalam seni perang terdapat sembilan jenis medan pertempuran : medan pertempuran yang tidak terarah, yang tidak terduga, yang sengit, yang terbuka, yang serius, yang sulit, yang putus asa, dan yang terkepung.”

Penjelasan :

Bagi trader, hal ini berarti bahwa kita harus mengenali diri sendiri dan situasi pasar yang berkembang, sehingga dapat menentukan keputusan yang benar.

Sun Tzu berkata:

“Medan pertempuran yang tidak terarah adalah medan di mana para petinggi bertempur sesama mereka. Oleh karena itu, Anda jangan ikut bertempur.”

Penjelasan :

Pasar yang tidak terarah adalah pasar yang belum jelas arahnya, masih terjadi fluktuasi di kedua arahnya. Keputusan terbaik ketika menghadapi pasar seperti ini adalah dengan strategi Wait and See. Jangan membuka posisi sampai arahnya jelas.

Sun Tzu berkata:

“Memasuki negara lain tetapi tidak mencapai jarak yang jauh adalah medan pertempuran yang tidak terduga. Oleh karena itu, Anda jangan berhenti hingga di sini.”

Penjelasan :

Hal ini mengingatkan tentang money manajemen. Ketika trader melihat adanya peluang, maka dia akan menggunakan sebagian uang yang ada untuk masuk di awal, kemudian ketika harga makin naik, maka ditambahkan lagi jumlah uangny(average up). Hal ini guna mengeleminasi kerugian,seandainya posisi awal sudah salah, maka kerugian yang diderita tidak banyak. Dan jangan pernah average down karena itu akan menambah kerugian anda. Untuk apa menambahkan uang anda kepada suatu posisi yang salah ??

Sun Tzu berkata:

“Bahwa medan pertempuran yang nilainya seimbang bagi kedua belah pihak merupakan medan yang tidak terduga. Oleh karena itu, janganlah menyerang.”

Penjelasan :

Jangan memasuki pasar yang sedang sideways, atau arahnya belum jelas, karena hal ini merugikan bagi seorang trader.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa medan dimana kedua belah pihak dapat dengan mudah datang dan pergi merupakan medan yang terbuka. Oleh karena itu, jangan mencoba menghalangi jalan musuh.”

Penjelasan :

Saham yang likuid adalah saham yang bagus untuk diperdagangkan, trader dianjurkan untuk mengikuti trend dari saham yang sedang likuid, jangan melawan trend !

Sun Tzu berkata:

“Bahwa medan yang membentuk kunci ke tiga negara sehingga ia yang menguasai nya untuk pertama kali akan memiliki perintah atas kerajaan adalah medan pertempuran yang bersimpangan. Oleh karena itu ikutlah dalam persekutuan.”

Penjelasan :

Saham itu bergerak dalam siklus, setiap siklus maka akan ada 1-2 sektor yang akan menjadi leadernya. Bahkan saham yang berada di dalam satu sektor pun, akan ada yang menjadi leadernya. Kunci untuk bisa cuan konsisten di saham adalah KETAHUILAH SIKLUS SEKTORAL dan KETAHUILAH LEADER TIAP SEKTOR ! Dengan demikian maka pemilihan saham kita dapat memberikan cuan maksimal.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa ketika sebuah laskar mempenetrasi teritori lain sebegitu jauh, inilah medan yang serius. Oleh karena itu, kumpulkan rampasan Anda.”

Penjelasan :

Misalnya kita sudah masuk lebih awal di harga bawah, kemudian harga naik terus, maka terus lah average up, tambahkan posisi dan di saat yang tepat, take profit lah pelan-pelan sambil distribusikan kepada ritel yang menyangka bahwa harga sahamnya akan terus naik.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa medan yang meliputi gunung, hutan, tanah yang terjadi serta rawa-rawa adalah medan yang sulit.”

Penjelasan :

Ketika pasar sedang sepi, sideways, atau arahnya tidak menentu, jangan trading. Kita tidak harus setiap saat berada di dalam pasar, trader yang bijak tahu akan hal ini. Cash is the king.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa medan pertempuran yang putus asa adalah tempat Anda selamat dari kekalahan hanya dengan bertempur secara cepat, tanpa berhenti. Oleh karena itu bertempurlah.”

Penjelasan :

Falsafah ini cocok untuk full time trader yang bermain secara scalper. Seorang scalper harus bisa bermain dengan cepat, dalam kondisi yang terkadang kurang menguntungkan sekalipun. Strategi ini tidak cocok untuk para swinger dan trader yang bermain mid term dan long term.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa medan yang Anda capai melalui jurang yang sempit dan Anda hanya dapat berhenti pada jalan setapak yang penuh penderitaan dan dapat di jebak oleh pasukan kecil merupakan medan yang terkepung. Oleh karena itu, pecahkanlah dengan segala tipu daya.”

Penjelasan :

Ketika kita sedang dalam kondisi floating loss, usahakan jangan panik, pikirkan solusi yang kreatif untuk paling tidak bisa keluar dalam kondisi tidak loss ataupun dengan loss yang seminimal mungkin. Kepanikan hanya akan membuat kita menjadi FEAR, sehingga tidak bisa melihat kondisi secara objektif.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa pemimpin yang lihai mengetahui bagaimana menimbulkan keretakan dalam pasukan musuhnya. Mereka hanya berperang bila sudah waktunya mengambil manfaat dari tipu daya tadi.”

Penjelasan :

Trading adalah bisnis ! Perlakukan itu layaknya seperti bisnis. Tradinglah hanya apabila waktunya sudah tepat sesuai dengan trading sistem yang anda miliki, dan jalankan semua trading plan dengan disiplin!

Ketika Sun Tzu ditanya:

“Bagaimana ia mengatasi pasukan yang besar dan terorganisasi dengan baik serta telah siap menyeran? Ia menjawab bahwa ia akan mengambil apa yang terbaik, yang disimpan oleh pasukan musuh itu.”

Penjelasan :

Ini adalah strategi yang digunakan para bandar, mereka mengetahui bahwa trader ritel itu mudah digoyahkan, turunkan saja hargan sahamnya beberapa tick, maka banyak ritel yang akan cutloss. Bagaimana caranya supaya kita sebagai ritel terhindar dari hal ini? Salah satu kuncinya adalah kita harus paham pola pergerakan sahamnya, memahami bahwa karakter bandar di tiap saham itu tidak sama, sehingga pergerakan harganya tidak akan sama.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa esensi perang adalah kecepatan, yaitu mengambil keuntungan dari pihak lain yang belum siap.”

Penjelasan :

Sekali kita sudah melihat ada peluang yang bagus untuk membeli atau menjual, jangan sia-siakan! Ambillah keuntungan dari tangan-tangan yang lemah, yang tidak punya trading plan.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa agar anda mempenetrasi lebih jauh ke dalam satu negara yang liar, solidaritas dari pasukan anda juga harus lebih besar. Oleh karena itu tidak boleh ada yang bertahan.”

Penjelasan :

Hal ini mengingatkan akan pentingnya average up. Ketika kita dalam posisi menang, tambahkan posisi, jangan buru-buru keluar dari trading yang sedang cuan. Ingat, tidak ada harga yang terlalu tinggi.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa ketika prajurit berada dalam keputusasaan, mereka kehilangan rasa takut. Bila tidak ada tempat berlindung, mereka akan berdiri tegak dan menunjukkan sikap keras kepala.”

Penjelasan :

Setelah harga bergerak jauh, akan ada masa dimana harga sangat sulit untuk naik lagi. Itulah saat yang tepat untuk melikuidasi keuntungan anda. Pastikan bahwa anda selalu waspada akan adanya kemungkinan ini, jangan terlambat dalam melikuidasi keuntungan. Dan jangan pernah mencoba untuk mendapatkan keuntungan di puncak harga, karena kecenderungan ini akan membuat anda malah kehilangan potensial cuan yang anda miliki.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa ahli taktik yang lihai adalah yang seperti Shuai-Jan, seekor ular yang ditemukan di gunung-gunung. Seranglah kepalanya dan anda akan diserang oleh ekornya. Seranglah ekornya dan anda akan diserang oleh kepalanya. Seranglah bagian tengah badannya dan anda akan diserang oleh kepala serta ekornya.”

Penjelasan :

Hal ini mengingatkan kita bahwa dalam trading, kita harus fleksibel, belajarlah untuk expected the unexpected. Harapkan yang tidak diharapkan. Berpikirlah jauh kedepan tentang apa yang akan anda lakukan bila sesuatu yang buruk terjadi. Pertimbangkan hasil yang didapat dari segala situasi. Yang terpenting adalah selalu membuat trading plan untuk mengambil keuntungan dari segala macam kemungkinan yang terjadi. Jadi selalu buat trading plan A, B, C, dst nya.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa urusan seorang jenderal adalah tetap diam sehingga menjaga kerahasiaan serta perintah.”

Penjelasan :

Strategi terbaik adalah tidak pom-pom suatu saham yang anda miliki. Mengapa? Karena semakin jarang suatu saham diperbincangkan, maka semakin besar kesempatannya akan naik dalam waktu singkat. Ini adalah hukum alam dalam dunia trading. Semakin banyak trader yang ikut dalam kenaikan suatu harga, akan memperlambat kenaikan harganya. Jadi kalau ada yang pom-pom suatu saham kepada anda, apalagi dengan iming-iming yang berlebihan, anda harus tahu dulu, apa sih tujuannya mereka memberitahu anda? Tetap analisa lagi semua pom-pom yang ada, dan jangan langsung ditelan bulat-bulat.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa seorang jenderal harus membuat para prajurit serta perwiranya tidak memperdulikan rencananya.”

Penjelasan :

Seperti yang sudah dibahas tadi, hati-hatilah terhadap pom-pom. Banyak grup tele dan WA hanya berisi trader amatir dengan pengetahuan yang cukup membahayakan dan juga dipenuhi orang-orang yang mengharapkan agar pom-pom mereka mendorong harga suatu saham menjadi naik, dimana mereka telah memiliki posisi tersebut sebelumnya, di harga bawah. Perhatikan saja, kalau ada suatu saham naik, berita tiba-tiba keluar di banyak grup, dengan tanggal berita yang sudah dicetak beberapa hari sebelumnya. Apa tujuannya coba? F*ck them, I hate that people. Sebagai trader yang rasional, jangan pernah percaya dengan SIAPAPUN di dunia saham. Percayalah kepada diri anda sendiri. Karena di dunia saham ini prinsipnya adalah DOG EAT DOG. Ingat kasus FPNI baru-baru ini yang melibatkan satu grup, yang pom2 harga akan ke 2000?Muahahhaa….Jadikan itu pembelajaran !

Sun Tzu berkata:

“Bahwa pemimpin dari sebuah pasukan berlaku seperti seseorang yang mendaki suatu ketinggan dan kemudian menurunkan tangga.”

Penjelasan :

Semua trader yang ingin sukses di dunia saham harus FOKUS, berkonsentrasi dan memiliki pandangan yang tidak gampang teralihkan. FOKUS lah pada trading plan anda sendiri.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa tolok ukur berbeda yang tepat untuk kesembilan jenis medan pertempuran haruslah dipelajari sejalan dengan kondisi manusia.”

Penjelasan :

Yang harus kita pelajari tidak hanya berbagai taktik dalam trading, tetapi terlebih lagi adalah PSIKOLOGIS manusia. Market dibangun dari psikologis manusia, pelajarilah psikologis manusia di dalam market, maka kita bisa memanfaatkan itu menjadi keuntungan dalam trading kita.

Nah kita sudah selesai membahas Bab XI dari strategi perang Sun Tzu. Nantikan tulisan tentang bab selanjutnya hanya di kampung saham. Salam cuan !

Anda belum membaca part sebelumnya, Klik di sini untuk Part 1Part 2Part 3Part 4Part 5Part 6Part 7Part 8Part 9, Part 10 dan Part 11.

1 Comment

  1. Aji gees Reply

    Pelajaran psikologi tradingnya mantap!!
    Thanks Etuz

    Salam happy cuan
    Aji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *