SUN TZU’S : THE ART OF WAR (PART 14)- LAST PART

OK, mari kita lanjutkan membahas Bab XIII dari strategi perang Sun Tzu, yang merupakan Bab Terakhir dari Strategi perang Sun Tzu.

Bab XIII
MENGHIMPUN INTELEJENSI
(Menciptakan Jaringan Kerja Sendiri)

Sun Tzu berkata:

“Bahwa yang membuat penguasa dan jendral yang baik dapat meraih keberhasilan di atas yang dapat diraih oleh orang-orang biasa adalah pengetahuan tentang sesuatu yang belum terjadi atau ada, dan pengetahuan ini harus datang dari masyarakat.”

Penjelasan :

Dalam dunia trading, yang bisa mendapatkan cuan maksimal adalah orang-orang yang mempunyai info INSIDER, mereka yang memiliki informasi tentang alasan dibalik kenaikan harga suatu saham, jauh sebelum kenaikan itu terjadi. Maka dari itu penting sebagai seorang trader, kita membangun networking, membangun jejaring yang dapat memperluas khasanah keilmuan dan wawasan kita. Kita tidak tahu siapa orang yang di masa depan akan menjadi orang yang membantu kita, maka dari itu mari kita belajar mulai dari sekarang, perlakukan semua orang dengan baik, kurangi debat-debat yang tidak perlu di TELE, WHATS APP dan sebagainya, turunkan ego dalam berkomunikasi, maka niscaya kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

Sun Tzu berkata:

“Bahwa jika sebuah rahasia didengar sebalum adanya laporan dari mata-mata, maka si mata-mata itu haruslah dihukum mati.”

Penjelasan :

Waspadalah terhadap gosip, rumor dan semacamnya yang terkadang malah menjerumuskan kita. Ada banyak sekali gosip bertebaran setiap harinya, berhati-hatilah!! Gosip seringkali terbukti tidak benar dan dapat mempengaruhi objektifitas dalam analisa kita. Memang benar MIMPI ADALAH KOENTJI, tapi jangan sampai kita membuat kita menjadi berMIMPI BASAH, mimpi yang enak tapi tidak dalam kenyataannya.

-THE END-

Dengan ini maka selesai sudah 13 bab strategi perang sun tzu yang bisa kita adopsi dalam dunia trading, semoga semua bisa berguna buat trader di Indonesia. Sampai berjumpa dalam artikel dan tulisan lainnya hanya di kampung saham.

Pagi ini saya mendengar berita duka mengenai salah seorang senior di dunia saham, pak Haki Elia, beliau berpulang untuk selama-lamanya di usia 73 tahun kemarin malam. Saya pribadi tidak mengenal beliau secara dekat, tapi sekitar 2 tahun lalu saya sempat berkomunikasi dengan beliau dan bertukar pikiran tentang dunia saham. Kesan dan impresi saya adalah beliau orang yang ramah, tidak pernah menganggap remeh orang lain dan orangnya suka membantu orang lain. RIP pak Haki Elia, semoga semua amal dan kebaikan serta ilmu yang sudah bapak berikan bisa berguna buat trader-trader di Indonesia. Terima kasih buat sumbangsih yang sudah diberikan buat dunia trading Indonesia.

Anda belum membaca part sebelumnya, Klik di sini untuk Part 1Part 2Part 3Part 4Part 5Part 6Part 7Part 8Part 9, Part 10Part 11Part 12 dan Part 13.

1 Comment

  1. AngSa Reply

    keciannnnn lom ada yang komen tulisan abang entussss yawla aq komen dah. Nice gun! kurangi debat ga perlu di TELE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *