STRENGTHS and WEAKNESSES

Semua hal di dunia ini terdiri dari Yin dan Yang. Sadar atau tidak, semua memiliki dua sisi. Sisi baik dan sisi buruk. Begitu juga dalam dunia trading, setiap trader memiliki kelemahan(weaknesses) dan kekuatan (strength) dalam dirinya. Setiap kita memiliki strength dan weakness, entah kita menyadarinya ataupun tidak. Pada tulisan kali ini saya ingin mengajak setiap kita untuk melihat strength dan weakness kita masing-masing sehingga kita dapat menyiapkan rencana trading yang mengedepankan strength kita dan mencegah supaya jangan sampai weakness kita menjadi faktor penghalang kesuksesan kita dalam trading.

Ada banyak manfaat mengetahui strength kita, diantaranya adalah kita menjadi mengetahui hal yang dapat kita tonjolkan, sehingga kita berfokus di sana. Fokuslah pada strength, jangan pada weakness kita, tetapi pada kenyataannya banyak trader yang berfokus pada weaknessnya, sehingga melupakan strength yang dimilikinya. Begitu pula dengan weakness, dengan mengetahui weakness yang dimiliki, kita dapat memperbaiki weakness tersebut dan mengubahnya menjadi strength. Contohnya, jika kita memiliki level fear(ketakutan) yang tinggi, kita dapat mengarahkan ketakutan tersebut sebagai motivasi supaya dapat menyiapkan trading plan dengan baik sebelum masuk ke market. YA ! Karena saya takut, maka saya akan prepare trading plan dengan lebih baik, lebih detail lagi. Nah, justru rasa takut itu bisa menjadi aset terbesar kita guna mencapai kesuksesan dalam trading kan ??

Sadarilah bahwa pikiran kita merupakan aset terbesar kita, kita bisa mengubah sistem kepercayaan yang kita miliki di dalam pikiran, dan bahkan mengubah weakness kita. Contoh, misalnya kita memiliki weakness yaitu selalu merasa gelisah (anxiety) ketika trading. Kita bisa mengurangi kegelisahan itu dengan mencoba menganalisa apa penyebab kegelisahan itu, apakah sistem kepercayaan kita yang salah, ataukah mungkin karena posisi(jumlah lot) yang kita miliki itu terlalu banyak, maka solusinya bisa dengan mengurangi posisi yang ada. Intinya adalah dengan mengetahui weakness, kita bisa memperbaiki trading kita kedepannya.

Tujuan saya mengajak rekan-rekan trader mengenali strength dan weakness masing-masing adalah untuk meyakinkan bahwa kita tidak perlu takut terhadap weakness yang kita miliki. Dan juga tidak perlu kita terlalu meng-agung-kan strength yang kita miliki pula. Melainkan gunakan keduanya untuk memperbaiki performance trading kita. Trader yang baik adalah trader yang mampu mengenali strength dan weakness yang ada dalam dirinya dan menggunakannya sebagai suatu kesatuan yang menghasilkan harmonisasi yin dan yang.

Kesuksesan dalam trading bukanlah tentang memiliki sistem trading yang luar biasa yang akan memberikan EDGE dalam trading. Melainkan, kesuksesan dalam trading berhubungan erat dengan bagaimana kita mampu mengenali diri sendiri, dan mampu menciptakan trading sistem yang sesuai dengan strength dan weakness kita, sehingga menciptakan EDGE yang sesuai dengan psikologis kita. Contohnya begini, misalnya kita sadar kita memiliki kelemahan di dalam kemampuan komputer, misalnya kita tidak jago coding AFL, dan memang kita tidak punya passion di sana, maka ya tidak usah kita paksakan diri kita belajar hal tersebut. Tetapi fokuslah pada hal yang jadi passion kita, misalnya kita suka membaca laporan keuangan, nah itu bisa kita jadikan strength kita. Fokuslah dengan apa yang menjadi strength kita, tetapi bukan berarti kita tidak mencoba memperbaiki weakness, selagi memang masih bisa diperbaiki, maka wajib kita perbaiki setiap weakness yang ada.

Nah untuk itu, berikut beberapa list strength dan weaknesses yang bisa kita jadikan guidance, coba teman-teman cek, apa yang teman-teman miliki :

Nah, setelah mengetahui strength dan weakness, lantas apa ? Simpel saja,
1. Yang jadi strength, gunakan dengan maksimal, eksploitasi dan terus kembangkan semaksimal mungkin.
2. Yang jadi weakness, kalo bisa diperbaiki, coba diperbaiki, buatlah sistem kepercayaan yang baru dalam pemikiran kita. Ada weakness yang tidak bisa kita perbaiki, but its OK, kita tidak sempurna, jadi wajar ada weakness yang susah diperbaiki.
3. Cobalah tambahkan Strength yang bisa kita tambahkan, dan kurangi weakness yang ada dalam diri kita, tentu saja ini tidak bisa instan, semuanya perlu proses. Tetapi paling tidak hari lepas hari ada perubahan ke arah yang lebih baik.

Nah, sekian tulisan kali ini, semoga berguna dan performa trading kita bisa terus berkembang hari lepas hari.

Salam Cuan

Etuz

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *